• 23 April, 2021

DIIKUTI 587 PESERTA, MTQ TINGKAT KABUPATEN YANG KE-51 TAHUN 2021 RESMI DUMULAI

 DIIKUTI 587 PESERTA, MTQ TINGKAT KABUPATEN YANG KE-51 TAHUN 2021 RESMI DUMULAI

Bangkinang Kota ( Gulamo.com) –
Diawali dengan pelantikan Dewan Hakim, Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an ( MTQ ) yang ke -51 tingkat Kabupaten tahun 2021, di balai Bupati Kampar, Senin 16/3/21.

MTQ yang Ke-51 tahun 2021 ini mengusung tema “Dengan Musabaqoh Tilawatil Qur’an kita Wujudkan Masyarakat yang Cinta Al-Qur’an”, acara ini juga di adakan melalui Live Streeming oleh Dinas Komunikasi dan Persadian ( Kominfo ) Kabupaten Kampar, sehingga masyarakat yang tidak bisa hadir menyaksikan pembukaan secara langsung bisa menonton via telpon genggam di Chanel Yautube dan Facebook Kominfo dirumah masing masing, mengingat acara ini diadakan masih dalam pandemi Covid -19 untuk itu Pemerintah Kabupaten Kampar membatasi tamu undangan dan mewajibkan seluruh peserta, panitia, juri untuk menerapkan Protokol kesehatan.

Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Riau yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Jendri Salman Ginting, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau sekaligus Ketua LPTQ Prov. Riau Dr. H. Mahyudin MA, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Drs. H Yusri M.Si, dan Kepala OPD diruang lingkup Pemda Kampar.

Bupati Kampar yang hadir menggunakan pakaian adat melayu ciri khas pakaian Provinsi Riau dalam sambutannya mengatakan, ” MTQ merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten, nasional, bahkan internasional. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu bacaan, pemahaman, serta pengamalan isi kandungan Alquran, Karena Al-Quran merupakan petunjuk dan pemandu hidup umat Islam di seluruh jagad raya, ” Ungkap Catur Sugeng

Ia juga mengharapkan pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten tahun ini nantinya akan melahirkan para qori dan qoriah terbaik agar bisa memperkuat Kabupaten Kampar pada penyelenggaraan MTQ yang ke-39 Tingkat Provinsi Riau yang akan diadakan di Kabupaten Pelalawan, serta tetap bisa mempertahankan Kabupaten Kampar sebagai Juara 1 seperti Pergelaran MTQ Tahun sebelumnya.

” Pelaksanaan MTQ tahun ini memang berbeda dari tahun sebelumnya, karena diadakan masih dalam pandemi Covid -19, namun diharapkan tidak mengurangi nilai dan juga semangat kita dalam melaksanakan, sehingga nantinya kita tetap bisa mempertahankan Kabupaten Kampar Sebagi juara 1 tingkat Provinsi, ” harap Datuk Rajo Batuah

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana kegiatan, Yurnalis kepala bagian (Kabag ) kesejahteraan masyarakat ( Kesra ) mengatakan bahwa,” pelaksanaan MTQ tahun ini, Kabupaten Kampar telah menggunakan aplikasi Elektronik ( E-MTQ ) dan ini merupakan yang pertama di Provinsi Riau, sedangkan untuk peserta berjumlah 587 orang dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar yang terdiri dari, 305 orang putra dan 282 orang putri,” terang Yurnalis

Sebagai informasi pergelaran MTQ yang ke-51 tahun 2021 ini akan dilaksanakan mulai 15 maret sampai dengan 27 maret 2021, sedangkan untuk katagori cabang dan tempat pelaksanaanya sebagai berikut, cabang Tilawah 9 Golongan bertempat di Markas Besar Islamic Centre, Cabang Syahril Qur’an bertempat di Gedung Mahligai Bungsu, cabang Hifzil Qur’an 1,5 Juz bertempat di Mesjid Darul Kantor Kemenag, Cabang Khattil Qur’an 4 golongan bertempat di SMA 1 Bangkinang Kota, cabang karya tulis ilmiah Alqur’an (KTIA ) bertempat di SMPN Negeri 1 Bangkinang Kota, cabang Fahmil Qur’an bertempat di Aula Kantor Kementrian Agama ( Kemenag ), cabang Hifzil Qur’an 10.20.dan 30 Juz bertempat di Mesjid Baitusaolihin, dan cabang Qiro’at Mujjawat bertempat di Mesjid Ar rahman Pandopo. ( Gulamo/Diskominfo/Rby )

Gus

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *