• 18 May, 2021

Bupati :”Pemeriksaan Interim LKPD TA. 2020 Oleh BPK Akan Sangat Bermanfaat Bagi Pemkab Kampar”

 Bupati :”Pemeriksaan Interim LKPD TA. 2020 Oleh BPK Akan Sangat Bermanfaat Bagi Pemkab Kampar”

Bangkinang Kota (gulamo.com),-Bupati Kampar, menerima kunjungan kerja kepala Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Riau guna memaparkan kepada Pemerintah Kabupaten Kampar tujuan dilakukannya pemeriksaan oleh BPK -RI Perwakilan Provinsi Riau.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar, Selasa (9/2) tersebut juga diikuti oleh Sekda Kampar,Drs. H. Yusri,M.Si dan seluruh Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar.

Dalam sambutannya, Bupati Kampar, H. Catur Sugeng Susanto, SH, mengatakan bahwa pemeriksaan interim LKPD TA. 2020 oleh BPK akan sangat bermanfaat bagi Pemerintah Kabupaten Kampar.

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus memenuhi seluruh data yang diperlukan BPK-RI Perwakilan provinsi Riau, jika semua data yang dibutuhkan dipenuhi, maka pemeriksaan akan berjalan dengan seharusnya.

Bupati juga mengatakan bahwa OPD harus memperhatikan seluruh aspek mengenai laporan, kelengkapan dan ketersediaan data yang diperlukan BPK-RI.

“pemeriksaan ini merupakan agenda rutin tahunan, dan seyogyanya seluruh Kepala OPD jauh-jauh hari telah mempersiapkan, melakukan kontrol, selalu memeriksa seluruh data ditiap bulan untuk melengkapi data yang nanti dibutuhkan BPK-RI”ujar Catur.

Bupati juga mengatakan, jika Laporan tiap bulannya dimasing-masing OPD terkontrol dengan baik, maka Kepala OPD dapat menguasai setiap materi Laporan untuk disajikan kepada tim pemeriksa jika hal tersebut rutin dilakukan, maka OPD akan dapat menemukan temuan dan menyelesaikan sebelum tim pemeriksa menemukan temuan tersebut.

Selain itu, Bupati Kampar juga memaparkan laporan tiap bulan yang disajikan Kepala OPD dapat didiskusikan kepada pihak intern Kabupaten Kampar seperti Inspektorat Kabupaten Kampar dan kepada BPKAD Kampar untuk ditindaklanjuti apabila ditemukan adanya data yang kurang dan dapat menjadi temuan dikemudian hari.

Sementara itu Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Riau Widhi Hidayat dalam sambutannya mengatakan bahwa tahun ini ada 13 point pemeriksaan yang akan dilakukan, LKPD 2020 harus mencapai tujuan.

“selain itu Widhi Hidayat mendorong agar pemerintah daerah Kabupaten Kampar hendaknya bisa menyerahkan Auditing kepada BPK pada tanggal 5 Maret mendatang, dirinya sangat berharap jadwal ini bisa terpenuhi oleh leluruh kepala OPD di Kabupaten Kampar . (Gulamo/Pdy)

Pdy

Seorang Penulis di Gulamo.com. Selamat menikmati artikel-artikelnya tentang Kampar dan isu-isu terkait pemerintahan lainnya.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *